Senin, 13 April 2015

Membangun Koneksi Internet



Asalamualaikum Wr Wb,
saya akan mencoba posting tentang Membangun Koneksi Internet

Pertama, apa sih pengertian tentang internet ?



Pengertian Internet
    Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalan sebugah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.
    Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.
    Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.
 
kedua, yang pengertian jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan


A. Jaringan Komputer
     Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung – hubungkan dengan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP/IP).
B. Jenis-Jenis Jaringan Komputer
     Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN)



LAN merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus dengan jarak jangkau kurang lebih 10 km.

Keuntungan dari LAN:
Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing)
Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing)
File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otoritas sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibeuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga data terjamin. File data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat di kontrol resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan email & chat.

2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metroplotan Area Network atau MAN)



MAN merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam jarak jangkauan maks. 80 km.

MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel & tidak mempunyai element switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa Output kabel.

Keuntungan MAN:

Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel
Jangkauan lebih luas dari LAN
Lebih irit kabel jaringan, karena tidak membutuhkan banyak kabel jaringan



3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN)



WAN adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah Internet. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan.

Keuntungan Jaringan WAN:

Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang
Komunikasi antarkantor dapat menggunakan email & chat
Dokumen atau filr yang biasanya dikirimkan melalui faksimile ataupun paket pos, dapat dikirim melalui email & tranfer file dengan biaya yang relatif murah & dalam jangka waktu yang sangat cepat
Pooling dan updating data antarkantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan

ketiga, yang dibutuhkan untuk membuat koneksi internet 

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT KONEKSI INTERNET 

    Saat ini, mempunyai komputer atau laptop bukanlah barang mewah lagi seperti beberapa tahun yang lalu. Namun komputer atau laptop tanpa sambungan internet bagaikan sayur tanpa garam. Kebutuhan sehari-hari kita menuntut kita untuk sering tersambung ke internet. Mulai dari mengirim email, chatting dengan rekan kerja maupun teman-teman,membuat blog, hingga mengupdate status facebook.



Lalu perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat komputer atau laptop kesayangan kita tersambung ke internet?

Berikut ini adalah daftar periksa yang perlu disiapkan agar komputer tersambung ke internet dengan aman:
Sambungan internet yang bisa didapatkan dengan mendaftar ke “ISP” atau Internet Service Provider. Ini bisa berupa sambungan internet kabel melalui sambungan telepon, misalnya: speedy atau layanan ISP lain yang melalui sambungan telepon. Sambungan wireless, baik melalui koneksi handphone maupun wireless internet.
Software browser internet. Yang paling populer disebut Internet Explorer versi 7 atau 8 (“IE”). Browser yang paling umum kedua adalah Mozilla Firefox. pilihan browser lainnya antara lain: Chrome, AOL, Opera, dan Netscape.
Software anti-virus, firewall dan anti spyware. Misalnya: Symantec / Norton atau McAffe, Avira Antivirus, AVG adalah favorit pribadi saya. Software ini akan membantu melindungi komputer dari virus-virus yang banyak bertebaran di internet.
Software email client. Jika anda sering menggunakan email dan perlu mengarsipkan email agar bisa dicek kapan saja, termasuk pada saat tidak online, software email client mutlak harus dipunyai. Beberapa software email client yang bisa anda gunakan diantaranya adalah: Outlook atau Outlook Express, atau software email client gratis seperti thunderbird.
Membangun sebuah jaringan memerlukan seperangkat alat yang terdiridari perangkat keras (hardware ) dan perangkat lunak (software ). Keduanya harus bersama-sama melengkapi komputer. Perangkat keras yang diperlukantergantung pada jenis hubungan yang akan dibangun. Berikut ini adalah perangkat keras jaringan berdasarkan jenis hubungan atau sambungannya

1. Hubungan Dial Up
    Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau dirumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection
Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan Internet dengan hubungan dial up adalah sebagai berikut.
a. Unit Komputer
b. Modem (Modulator Demodulator )
c. Jaringan Telepon

2.Hubungan Leased Line
   Jika diartikan secara selintas,leased line adalah jalur (telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur Internet. Hubungan ini menggantikan fungsi jalur telepon menjadi jalur Internet sehingga kita dapat mengakses Internet selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan dial up untuk koneksi ke jaringan maupun melakukan disconnect Untuk memutuskan hubungan dengan Internet
Pada jenis hubungan ini diperlukan perangkat lain yang dinamakan router
.Router adalah jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyaikomponen yang sama dengan komputer, seperti CPU, memory , sistem BUS,dan berbagai perantara input atau output . Namun, router didesain untukfungsi khusus yang tidak ada di dalam komputer, seperti menghubungkan danmenentukan jalur terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan. Seperti jugakomputer, router memerlukan sistem operasi untuk menjalankan programaplikasi. Router menggunakanInternetwork Operating System (IoS) untuk menjalankan gle konggurasi. File ini berisi instruksi dan parameter yang mengontrol alur lalu lintas data melalui router.

3. Hubungan Wireless (Tanpa Kabel atau Nirkabel) 
    Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaannyaterletak pada media yang digunakan. Jika leased line menggunakan kabeltelepon, maka wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkandan menerima datanya.Pada umumnya, frekuensi gelombang yang digunakan di Indonesiaberada pada rentang 2,4 ghz (2.400.000.000 Hz) dan 5,6 ghz (5.600.000.000Hz). Artinya, dalam setiap detiknya pemancar gelombang tersebut akanmemancarkan 2.400.000.000 sampai 5.600.000.000 gelombang.
Alat pemancar dan penerima gelombang berfungsi untuk menerimagelombang data dari jaringan Internet, kemudian diteruskan ke komputer kita
Di beberapa tempat belanja atau tempat wisata, telah ada sarana untukakses Internet secara wireless yang biasa disebut hot spot. Konsumen yangmembawa komputer (notebook ) dengan fasilitas Internetnya dapat langsungakses Internet di sekitar tempat itu dalam radius sekitar 20 meter.Kemajuan teknologi saat ini sudah memungkinkan sebuah perusahaanpenyedia jasa komunikasi via telepon genggam dapat pula menyediakan jasaakses Internet dengan menyediakan kartu khusus (Internet card ) yang dapatdihubungkan dengan komputer kita. Dengan begitu, kita dapat mengaksesInternet langsung dari komputer kita selama jaringan telepon selular masihtersedia.Beberapa jenis produk telepon genggam (handphone) sudah dilengkapidengan fasilitas Internet sehingga kamu dapat mengakses Internet secaralangsung dari HP.

Terakhir, cara koneksi menggunakan router, hub dan modem USB

Koneksi internet di dapat melalui penyedia layanan internet.
parameter koneksi internet :
1. Berbasis Volume (volume based) :koneksi internet di sediakan berdasarkan volume data yang di kirimkan.
2.Berbasis Waktu (time based) :koneksi internet di sediakan berdasarkan waktu yang digunakan.
3.Tidak terbatas (unlimited) : koneksi internet tidak di batasi volume dan waktu penggunaan.

Selain 3 parameter yang telah di sebutkan ,ada 2 jenis kecepatan :
1.Kecepatan Downloading yaitu kecepatan pengiriman data dari penyedia layanan ke pengguna.
2.Kecepatan Uploading yaitu kecepatan pengiriman data dari pengguna ke penyedia layanan.

Perangkat Koneksi Internet
1. Modem USB berfungsi untuk mengubah sinyal (data)dari komputer untuk di transmisikan melalui jalur internet dan sebaliknya.



Gambar 1.Modem USB


2. Router (USB,HUB) berfungsi untuk mengatur lalulintas data dari dalam jaringan internet.

Gambar 2.Router USB,HUB


3.HUB,berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan.

Gambar 3.HUB


Membangun Koneksi Internet
Langsung dengan menggunakan modem ,hanya bisa digunakan untuk satu komputer.



Gambar4.Langsung modem


Menggunakan router,bisa di gunakan untuk membagi hubungan ke internet (bisa beberapa komputer).



Gambar5.menggunakan router hub





Gambar6.menggunakan router wifi


satu hal yang harus di perhatikan dalam membangun koneksi internet adalah masalah pengelamatan komputer pengguna.Alamat komputer pengguna sering di sebut dengan IP.ada 2 macam metode pengalamatan terkait dengan koneksi dengan internet,yaitu otomatis dan di tentukan,lihat gambar 7.selain itu di perhatikan pula alamat penyedia layanan (DNS server).





Gambar7.pengalamatan IP Address

Tidak ada komentar:

Posting Komentar